Dr H Jarkawi : Penanganan Covid-19 Harus jadi Komitmen Kepala Daerah Terpilih

Banjarmasin, KOKI

Siapapu yang terpilih pada 9 Desember 2020 dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menjadi tugas utama untuk menyelesaikan persoalan pandemi Covid-19 di daerah ini. “Saya kira menjadi tugas utama bagi kepala daerah terpilih baik itu sebagai gubernur, walikota, bupati hendaknya dapat menyelesaikan persoalan Covid-19,” ujar pengamat dari Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) Dr H Jarkawi, Rabu (18/11/2020).

Menurutnya, dibutuhkan komitmen kepala daerah terpilih untuk mengutamakan keselamatan warga dari Covid-19. “Komitmen menyelamatkan warga sangat penting bagi kepala daerah terpilih,” tambah doktoral alumni Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung ini.

Terkait anggaran yang sudah diajukan untuk tahun 2021 ini, Ia mengungkapkan, bisa saja diajukan kembali pada APBD Perubahan atau ABT untuk penyelamatan pandemi Covid-19. “Jadi dalam anggaran berjalan bisa dievaluasi, dan jika ada Covid-19 gelombang kedua dan ketiga, maka harus ditambah anggaran Covid-19,” beber H Jarkawi yang juga Wakil Rektor Uniska Banjarmasin ini.

Untuk itu, Ia berharap kepala daerah terpilih pada 9 Desember 2020 bisa melakukan koordinasi dengan institusi yang ditunjuk dalam penanggulangan Covid-19. “Untuk saat ini protokol kesehatan harus dipatuhi dengan perubahan prilaku yakni pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak,” tuturnya.

Apalagi dengan new normal menjadi hal penting bagi kepala daerah terpilih untuk bisa melakukan perubahan prilaku. “Ya, menjadi budaya dan kebutuhan warga untuk selalu menerapkan 3T (pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” tandasnya.

Jarkawi berharap, agar menjadi komitmen kepala daerah terpilih dalam penanganan Covid-19, sehingga warga merasa nyaman dalam beraktivitas, di masa pandemi Covid-19 pasca tahun 2020, menuju 2021. (koki/afd)

 

Tinggalkan Balasan