Rapim Kadin Bertekad Bangkitkan Perekonomian Banua

Banjarmasin, KOKI

Dalam Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Kalimantan Selatan, Ketua Umum Kadin Kalsel H Edy Suryadi bertekad untuk memperbaiki kondisi perekonomian Kalsel.

Dirinya mengatakan, banyak para pengusaha yang harus memutar otak agar tidak terlalu terpuruk usahanya saat pandemi covid-19 sekarang.

“Hampir 90 persen di Kalsel para pengusaha bergelut di UMKM, tentunya kita ingin memperbaiki ekonomi di banua ini, sebab dampak pandemi Covid-19 membuat pengusaha kewalahan,” tuturnya, Senin (11/1/2021), disela acara yang berlangsung di Hotel Best Western, Banjarmasin.

Bahkan di era industri digitalisasi sekarang, Kadin Kalsel siap menjembatani para pengusaha di Kalsel untuk melakukan pembinaan bersama pemerintah daerah.

“Artinya dunia usaha jangan sampai tertinggal, apalagi era digital memberikan kecepatan informasi,” bebernya.

Perlu diketahui, Rapimprov Kadin Kalsel bertema Era Peradaban Baru UMKM Kalsel Go Digital, “Melawan Krisis Ekonomi Dengan Pemberdayaan UMKM Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19,”

Hadir dalam acara senior Kadin Indonesia H Endang Kesumayadi, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Wakil Ketua DPRD Kalsel HM Syarifuddin, Kadis Perhubungan Kalsel H Rusdiansyah, Kadis Koperasi UKM Kalsel H Gustafa Yandi, dan sejumlah pengurus Kadin Kabupaten/Kota.

Ketua pelaksana, Rijali Lutfhi mengungkapkan, Rapimprov Kalsel 2021 menetapkan sasaran porogram kerja tahunan. Melakukan evaluasi koordinasi, sinkronisasi dan upaya sinergitas, dalam perencananaan dan pelaksanaan program kerja antar jajaran.

“Selain untuk berbenah, kita juga memutuskan hal  yang dapat diputuskan sendiri, yang hasilnya nanti bisa dipertanggungjawabkan di Musprov Kadin Kalsel mendatang,” ucapnya.

Sementara itu sambutan Gubernur Kalsel melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel Ir H Syaiful Azhari menyampaikan, Pemprov Kalsel meminta Kadin untuk mendorong dunia usaha lebih baik lagi ditengah pandemi covid-19. Tentunya hal tersebut perlu adanya terobosan dan akselerasi menumbuhkan ekonomi yang kondusif.

“Pemprov Kalsel berharap Kadin Kalsel mendorong dunia usaha agar lebih baik lagi di Kalsel, terlebih masa pandemi Covid-19. Saat ini Pemprov Kalsel terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi di daerah untuk menjaga daya belinya, mengingat masyarakat berpengaruh besar didalam dunia usaha,”  imbuhnya. afd/koki

Tinggalkan Balasan