Dr H Jarkawi : Implementasi Nilai dan Makna Pancasila di Tengah Pandemi

Banjarmasin, KOKI

1 Juni ditetapkan sebagai Hari Pancasila di Indonesia. Kini, bagaimana peringatan Hari Pancasila di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)? Apakah nilai dan makna pancasila telah diimplementasikan dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia?

Lahirnya pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Dosen Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr H Jarkawi mengatakan, di era milenial kini tidak jauh berbeda dalam memaknai Hari Pancasila. Nilai esensial fundamental pancasila tidak dapat berubah, namun nilai praksis yang dapat berkembang sesuai perkembangan zaman.

“Semoga di Hari Pancasila yang diperingati di tengah pandemi Covid-19 ini tetap jaya, terjaga, serta optimis apapun keadaan yang terjadi di Indonesia untuk menuju negara yang utuh,” harapnya kepada wartawan.

Ia berharap pelaksanaan sila kelima tersebut seharusnya selaras dengan UUD 1945 pasal 33 ayat satu dan pasal 34 ayat dua. “Pengamalan nilai pancasila di masa pandemi kini tetap dilaksanakan dengan mempertajam kelima sila pancasila,” tambah mantan Wakil Rektor I Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) Banjarmasin ini.

Bersifat umum, Indonesia telah melaksanakan nilai yang terkandung dalam pancasila. Namun, sila kelima tentang kesejahteraan dan keadilan sosial masih ada ketimpangan antara yang kaya dan miskin.

Makna yang muncul, sambungnya, di tengah pandemi kini pemerintah dan masyarakat harus menanamkan nilai pancasila.

Untuk itu, jelasnya, unsur terpenting dalam mengimplementasikan nilai pancasila ialah kesadaran diri sendiri. “Pendidikan pancasila di sekolah dan perguruan tinggi merupakan hal penting untuk membangun perbaikan pola pikir agar pemikiran terbuka. Di Hari Pancasila ini, mari kita berjuang bersama serta gotong royong dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” tutupnya.(afd/brt/koki)

 

Tinggalkan Balasan