Rapat Via Zoom Meeting, FORSILADI Kalsel Bakal Segera Dibentuk

Banjarmasin, KOKI

Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI) Kalimantan Selatan segera terbentuk, dengan agenda ke depan pertemuan pemilihan pengurus dan deklarasi.

Pasalnya dalam pertemuan via zoom meeting para alumni doctoral di Bumi Lambung Mangkurat menyambut baik kehadiran FORSILADI. Apalagi maksud dan tujuan, serta misi visi organisasi sangat searah dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Penerima mandat Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI) Kalimantan Selatan Dr H Jarkawi MMPd menuturkan, Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (FORSILADI) adalah badan hukum perkumpulan para doktor lintas keilmuan dan lintas profesi berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia tertanggal 12 Januari 2021 dengan nomor SK AHU.0000053.AH.01.07.Tahun 2021.

Selain itu, sambung mantan Wakil Rektor I Uniska MAB ini, FORSILADI didirikan dengan tujuan awal yaitu untuk menjadi wadah silaturahmi para doktor lintas keilmuan dan lintas profesi.

Kemudian, menjadi wadah kerjasama para doktor dalam hal pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Lalu, memaksimalkan peran dan kontribusi para doktor dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjadi jembatan penghubung antara para ilmuwan (doktor) dengan pemerintah.

Dan memaksimalkan peran pengabdian para doktor kepada masyarakat luas, menjadi jembatan penghubung lintas keilmuan dalam hal riset dan publikasi ilmiah.

Serta, ikut membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi penghubung kerjasama antar perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Sedang visi dan misi FORSILADI, sambung dosen FKIP Uniska MAB Banjarmasin ini, tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) Pasal 5 ayat 1 dan 2.

“Menjadi organisasi doktor lintas keilmuan dan lintas profesi yang independen dan profesional serta menjadi wadah kerjasama para doktor di seluruh Indonesia dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan Negara, adalah Visi FORSILADI,” ucap Jarkawi dalam keterangannya, Minggu (6/6/2021).

Bahkan, jelas Jarkawi, Misi FORSILADI adalah membangun kerjasama para doktor dalam hal pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, memaksimalkan peran dan kontribusi para doktor dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Lalu, memaksimalkan peran dan kontribusi para doktor dalam hal pengabdian kepada masyarakat, ikut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan menjadi jembatan penghubung kerjasama antar perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Termasuk memberikan perlindungan hukum serta menjaga  harkat  dan  martabat  para doktor dalam menjalankan tugas mulianya sebagai ilmuwan dan menjadi jembatan penghubung diantara para doktor dalam hal riset dan publikasi ilmiah,” imbuh doktor Jarkawi.

Sementara itu, pengusaha dan arsitek asal Kalsel Dr H Subhan Syarief MT berharap organisasi FORSILSADI yang akan terbentuk di Kalsel dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan bisa berkontribusi bagi pembangunan di Banua Bumi Lambung Mangkurat. “Ya, menjaga harkat dan martabat para doktor dalam setiap perannya dalam kehidupan bermasyarakat, terutama  saran pendapat, dan kritik yang menjadi kontribusi di daerah,” imbuh pria lulusan doktor Universitas Sultan Agung Semarang ini. (afdi/koki/brt)

 

 

 

Tinggalkan Balasan